Jumat, 16 Maret 2012

Mari Belajar HTML

Untuk mulai belajar HTML kita akan menggunakan Texs Editor, Notepad. Di bawah ini adalah contoh suatu dokumen HTML yang sangat sederhana. Buka Notepad, silahkan mulai dengan mengetikkan (copy/paste) kode di bawah ini:

<html>
<head>
<title>Titel Websiteku</title>
</head>
<body>
Ini adalah dokumen HTML pertamaku
</body>
</html>


Simpan file tersebut ke C:\My Documents dengan nama "websiteku.htm." Ketika menyimpan file tersebut dengan Notepad ganti "save as type"-nya dengan "all files". Kemudian buka browser, dari menu File klik Open dan tujukan ke C:\My Documents\websiteku.htm "klik Ok" maka halaman website pertama anda akan ditampilkan.

*Lakukan hal yang sama untuk contoh-contoh selanjutnya.

Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti tag, elemen, atribut dan nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: " <", " >" dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka " <…>"dan diakhiri dengan tag penutup " </…>". Kemudian di dalam tag tersebut terdapat teks seperti contoh diatas :html, head, title,body dan yang lainnya ini disebut dengan Elemen HTML.
Elemen HTML kemudian ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolor="0000ff">, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).
Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh: Elemen html mempunyai tag pembuka " <html>" dan tag penutup " </html>" dan yang berada diantaranya merupakan isi atau konten dari elemen html tersebut. Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>, semuanya adalah sama.

Baca juga Update dari Pengenalan HTML ini di Tutorial HTML.



Menulis HTML

Sebelum menulis HTML, sobat harus tahu dulu sintaks dan tag serta fungsi tag dan atribut dari tag itu.
Sintaks adalah aturan penulisan kode-nya dimana jika kodenya salah, maka program yang kita tulis akan gagal, mari kita mulai dengan
sintaks HTML
sintaks HTML ini ngga sulit untuk dimengerti, kita-kira seperti ini


judul dokumen


ini paragraf



Keterangan
penulian html dimulai dengan karakter < *buka kurung siku* Lalu di-ikuti dengan tag_html, dimana tag_html ini berfungsi untuk mendefinisikan anggaplah sebuah elemen beberapa tag_html : •html : mendefinisan document html •head : untuk elemen head •body : untuk elemen content •a : bisanya untuk link •p : untuk paragraf •b, strong : untuk text tebal •i, em : untuk text miring •img : untuk gambar, dan masih banyak lagi Setelah menulis nama tag, kita harus menutup dengan tutup kurung siku > *ini jika kita nggak menambahkan atribut*
setiap tag_html harus ditutup dangan tag_html lagi dimana tag penutup ditambahkan /*slash atau garis miring*, contoh
ditutup degan , ditutup dengan ,
ditutup dengan ,

ditutup dengan

Jika terdapat beberapa tag maka penulisan tag akhir tidak boleh bersilang dan harus berurut.
contoh benar




contoh salah



0 komentar:

Posting Komentar